KEPEDULIAN KEPALA DESA DEMI WARGANYA

  • Jul 30, 2023
  • ADMIN DESA

 Dimoro- Grobogan, Kepala Desa Dimoro Totok Suprapto Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Jawa Tengah merupakan sekian banyak dari kepala desa yang berkomitmen membangun sarana dan prasarana desa sesuai prosedur yang ada.

Kegiatan penataan lahan akses jalan penghubung antar dusun di Wilayah Desa Dimoro cukup baik dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat desa.

Hal ini ditunjukkan oleh Warga Dusun Glonggong dan Dusun Jurug berkumpul diarea penataan lahan akses jalan dusun yang sedang dikupas dan diratakan menggunakan alat berat.

Kurang lebih 250 warga berkumpul pada hari Sabtu malam (29/07/2023) sekira pukul 19.00 Wib hingga 21.30 Wib. Kedatangan sejumlah warga yang didominasi bapak - bapak bahkan Ibu - ibu tersebut sebagai bentuk dukungan penuh dan rasa mencintai terhadap tanah kelahiran yang diwujudkan dengan kepemimpinan Totok Suprapto selaku Kepala Desa.

"Kami berkumpul disini mengantisipasi kepada oknum yang tidak bertanggung jawab ataupun orang luar yang akan mengganggu kegiatan penataan akses jalan penghubung dusun, agar kegiatan berjalan dengan baik, lancar dan sukses", ungkap Abdul Sujak di lokasi penataan lahan.

Langkah yang dilaksanakan Pak Lurah Totok sudah prosedural yakni melalui musyawarah desa (Musdes) dan sudah sesuai regulasi yang berlaku.

Apabila ada salah satu media online memberitakan dengan judul "Tambang Ilegal Milik Kades Totok Suprapto di Buk Up Anggota DPR RI Fraksi PDIP itu tidak benar dan mengada ada.

Bahkan ada masyarakat yang keberatan dengan kegiatan ini dalam pemberitaan, jelas - jelas itu fitnah dan bohong, imbuh Abdul Sujak. Kepala Desa Dimoro Totok Suprapto menegaskan bahwa kegiatan yang kami laksanakan sudah sesuai regulasi yang ada. Mulai dari Musyawarah Desa, RKP, RPJMDes,Perkades, Pemberitahuan ke Camat dan Kapolsek, hingga Bupati Grobogan.

"Artinya apa yang kami laksanakan sudah prosedural, dan kalaupun ada oknum yang usil itu hal yang biasa. Memajukan desa pasti ada hambatan dan kendala, tetapi hal tersebut tidak kami hiraukan, dan fokus pembangunan desa", tegas Totok Suprapto.

Hal senada juga disampaikan oleh Mashuri selaku Sekretaris Desa, bahwa kegiatan penataan akses jalan dusun tersebut disebabkan kondisi jalan mengalami longsor dan putus. Sehingga Warga Dusun Jurug maupun Glonggong cukup terganggu, sehingga Kepala Desa Totok Suprapto mengambil langkah cepat, tepat, dan tanggap guna penanganan akses jalan dusun yang mengalami kerusakan, ungkapnya.

Kepala Desa Totok Suprapto menambahkan, bahwa kegiatan tersebut juga menggunakan analisa RAB dan Gambar dari tenaga ahli PUPR kabupaten Grobogan dengan volume Galian:8.711,418M3,Timbunan Lapangan:6.200,000M3,Sisa Volume:2.491,518M3,Timbunan Jalan Jurug:2.491,518M3,Sisa : 19,9M3.

jadi untuk memudahkan pembuangan kami mengambil langkah dipergunakan untuk pemerataan dan penataan sarana umum yakni lapangan sepakbola desa.

Dan kami tegaskan di Desa Dimoro tidak ada Tambang Ilegal bahkan juga tidak ada kupasan tanah buangan tersebut dijual belikan ke Masyarakat Desa Dimoro ataupun luar desa.

Namun demikian, pihak Polres Grobogan dan Polda Jawa Tengah baru-baru ini mendatangi lokasi penataan lahan akses jalan dusun yang longsor dan lapangan sepak bola desa titik pembuangan tanah hasil kupasan penataan lahan. Dari pihak Polres Grobogan dan Polda sudah memberikan arahan dengan baik, dan kegiatan bisa dilanjutkan, tetapi harus memperhatikan keselamatan, keamanan dan ketertiban.

Disisi lain, kami juga menjalankan tiga aspek yaitu aspek tepat guna, tepat sasaran, dan tepat manfaat. "Kami prosedural, dan taat hukum. Jadi sesuatu yang kami jalankan sudah dengan payung hukum", pungkas Totok Suprapto.

Berkat Doa dan Dukungan dari Seluruh lapisan masyarakat se Desa Dimoro mudah mudahan Desa Dimoro dapat terwujud menjadi desa yang Gemah Ripah loh jinawi Toto tentram Karto Raharjo Aamiin.